Thursday 28 February 2013

Cara Melaporkan Artikel Copas Ke Google DMCA

Cara Melaporkan Artikel Copas Ke Google DMCA - Kali ini Rakuplus akan memberikan sebuah tips untuk anda yang tidak suka artikel anda di kopas dengan tidak wajar oleh orang lain atau blog lain tanpa sepengetahuan anda, seizin anda, atau yang lainnya.
Berbagai cara telah dilakukan mulai dari Click Protect, memperingatkan setiap posting atau memberikan peringatan langsung kepada pengopas yang tidak beretikan.
Tetapi bagi saya artikel saya dikopas pun tidak mengapa asalkan mencantumkan sumber ke link post yang di kopas.

Apakah Perbuatan Itu Membuat Anda Kesal ?
Jika pertanyaan itu YA, maka anda sangat beruntung telah membaca posting dari Rofi ini, karena rofi akan memberikan sebuah cara melaporkan suatu blog yang mengcopas artikel anda tanpa izin anda, tips ini ampuh bagi anda yang sangat sangat tidak menyukai artikel anda di kopas.

Tapi perlu diingatkan lagi jika anda mensalah gunakan tentang Google DMCA maka anda bisa dituntut karena telah membuat pengakuan palsu itu pun jika si pemilik website tidak merasa mengkopas artikel, misalnya anda mengcopas artikel punya orang lain, dan untuk menutupi agar blog anda tidak disangka plagiat maka anda melaporkan blog yang anda kopas ke Google DMCA dan proses itu akan otomatis ditolak karena robot google sudah canggih lebih canggih dari manusia, dan anda bisa ditungtut jika pemilik tidak terima atas perlakuan anda, saya mengambil kata kata tersebut ya dari Google DMCA tersebut jadi harus hati hati jangan asal asalan melaporkan blog orang lain ke Google DMCA.

Baik jika anda telah membaca penjelasan tentang Google DMCA akan saya kaih tutorialnya dibawah ini (Memakai Screenshot):

1. Pertama klik DISINI untuk memulai melaporkan artikel anda yang dicopas oleh orang lain.

2. pada pertanyaan What Google product does your request relate to? centang Blogger/Blogspot.

3. Lalu ada lagi pertanyaan Please specify the nature of your request pilih yang I have found content that may violate my copyright yang artinya Saya telah menemukan konten yang mungkin melanggar hak cipta saya.

4. Pilih lagi pertanyaan Are you the copyright owner or authorized to act on their behalf? lalu jawabannya Yes, I am the copyright owner or am authorized to act on behalf of the owner of an exclusive right that is allegedly infringed .

5. I have read the above and wish to proceed lalu pilih YES.

6. 
What is the allegedly infringing work in question? klik Text.

7. Petanyaan yang diberikan google selesai selanjutnya isi form dengan mengklik this form, jika tidak tau lihat di Screenshot dibawah ini.

8. Pada Contact Informasi



Name: isi dengan nama kamu.
Company Name: isi asalFull legal name of the copyright holder you represent (e.g., if you are a legal agent, etc.): Nama lengkap anda
Contact Email Address: isikan email gmail anda.
Country of Residence: Indonesia.

9. Pada Your Copyrighted Work.



Where can we see an authorized example of the work?: isi dengan url artikel anda yang dikopas oleh orang lain.
Identify and describe the copyrighted work: isi dengan kata kata yang sudah saya siapkan menggunakan jasa Google Translate (Maklum nilai rapot b.inggris ane jelek padahal sebentar lagi mau UN :D) " this my original article, I do not accept 
it because the blog is not to tell me and do not include the source, I was 
very disappointed with the blog because almost all of my articles published 
by him." tanpa tanda kutip.

10. Pada Allegedly Infringing Material isi dengan url orang lain yang mengcopas artikel original kamu

11. Pada Sworn Statements ceklis keduanya

12. Pada Signature dan form tentang Signed on this date of jangan dirubah lagi karena tanggalnya akan otomatis terisi, isi signature dengan nama anda lagi.
13. Setelah semua terisi dengan benar lalu klik submit.

14. Cek ke akum gmai karena disana akan anda pesan dari Removals bahwa permintaan anda telah diproses dan akan segera diselidiki.

15. Tunggu hingga kurang lebih 1 bulan untuk menunggu hasil penyelidikan dari robot google, tapi mungkin saya lagi beruntung hanya dalam 10 hari saya sudah mendapat balasan dari google bahwa artikel yang saya laporkan terbukti melanggar hak cipta dan akhirnya artikelnya pun dihapus oleh Google DMCA, saat saya cek ke blog itu ternyata benar sudah dihapus oleh Google :) Thx for Google .

Mungkin hanya segitu perkataan penjang lebar dari saya, saya pun sudah lelah untuk menulis, saya ucapkan sekali lagi bahwa hargailah karya tulisan orang lain jika anda ingin dihargai dengan menambahkan link sumber di dalam post yang dikopas oleh anda termasuk artikel ini, karena semua blog yang melanggar hak cipta dan tidak meminta izin kepada saya akan saya kasih tau ke Google DMCA dan blog anda akan disangka spam oleh google. terima kasih, akhir kata saya ucapkan.

Wassalamualaikum Wr Wb.

2 comments:

Kang Muroi said...

weh mantep nih, saya belum pernah lapor sob hehe..

follback sukses, trimakasih sudah follow blog saya

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

 
Google Ping